Aero Effects Tidak Berfungsi Ketika Menggunakan Screen Reader JAWS? Inilah Penyebabnya!

Bagikan Artikel Ini

Sobat IT, ketika penulis pertama kali menggunakan Windows 7, adik penulis mengatakan bahwa animasi yang seharusnya berjalan di Windows 7 ternyata tidak berjalan di laptop penulis. Animasi tersebut (yang selanjutnya disebut Aero Effects) adalah efek-efek animasi yang akan muncul ketika kita melakukan perintah-perintah tertentu, misalnya berpindah antar aplikasi yang sedang aktif. Inilah salah satu fitur pada Windows 7 yang tidak ada pada Windows versi sebelumnya.

 

Penulis pun penasaran, mengapa Aero Effects tersebut tidak berjalan? Akhirnya adik penulis meminjam laptop penulis dan mematikan screen reader JAWS yang penulis gunakan. Ternyata setelah JAWS dimatikan, Aero Effects dapat berjalan dengan sangat baik. Penulis pun semakin penasaran, apakah JAWS yang penulis gunakan mengalami error sehingga membuat Aero Effects tidak dapat berfungsi? Kemudian penulis mengganti versi JAWS yang penulis gunakan dengan versi yang lebih tinggi. Namun hasilnya sama saja, Aero Effects masih tidak dapat berfungsi.

 

Penulis pun melakukan percobaan lain. Penulis meminta adik penulis untuk mengaktifkan NVDA. Dengan screen reader tersebut, ternyata Aero Effects dapat berjalan dengan baik. Penulis akhirnya menarik kesimpulan bahwa Aero Effects tidak akan bisa berjalan jika menggunakan screen reader JAWS.

 

Masih tetap penasaran, penulis mencari apa sebetulnya penyebab “ketidakharmonisan” antara Aero Effects pada Windows 7 dengan screen reader JAWS. Dan ternyata penyebabnya adalah Mirror Driver. “Aero Effects tidak akan berjalan apabila ada aplikasi aktif yang menggunakan Mirror Driver.” Begitu kira-kira penjelasan yang penulis dapat ketika penulis mengklik tombol “troubleshoot problems with transparency and other Aero effects” yang ada di bagian Personalize di Control Panel. Dan sayangnya JAWS adalah salah satu aplikasi yang menggunakan Mirror Driver.

 

Jadi, dapat disimpulkan bahwa ketika JAWS sedang aktif, efek-efek animasi yang ada di Windows 7 tidak akan bisa berjalan. Bagi pengguna komputer yang masih memiliki sisa penglihatan (low vision) dan menyukai tampilan Windows yang kaya akan animasi, solusinya adalah dengan menggunakan screen reader lain seperti NVDA. Tentu saja bagi pengguna komputer yang tunanetra total tidak akan berpengaruh dengan animasi-animasi tersebut dan tetap dapat menggunakan screen reader JAWS dengan nyaman tanpa ada yang harus dirisaukan.

       

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *