Bagaimana Cara Kerja IDM?

Bagikan Artikel Ini

Sobat IT, bagi sobat yang mempunyai hobi download file dari internet, pasti sobat sudah tidak asing lagi dengan software yang bernama Internet Download Manager (IDM). Ya, IDM memang sangat membantu bagi kita yang sering melakukan aktivitas download. Dengan menggunakan IDM, proses download bisa menjadi lebih cepat, kecepatan download menjadi lebih stabil, dan proses download bisa dihentikan untuk dilanjutkan di lain waktu (pause and resume). Namun, taukah sobat bagaimana cara kerja IDM? Mengapa jika kita download menggunakan IDM, kita bisa melakukan pause and resume? Mengapa IDM bisa mempercepat proses download?

 

IDM bekerja dengan cara memanfaatkan salah satu fitur di protokol HTTP yang mampu melayani permintaan terhadap bagian tertentu dari suatu file. Dengan fitur ini, IDM bisa mem-pause dan kemudian melanjutkan kembali download file. Jadi ketika kegiatan download di-pause untuk dilanjutkan kembali di lain waktu, IDM akan mencatat sampai bagian mana file telah didownload. Kemudian bila download dilanjutkan kembali, IDM melakukan permintaan kepada HTTP server untuk hanya memberikan bagian file yang belum didownload saja. Dengan begitu proses download tidak harus dimulai dari awal. Itulah sebabnya mengapa IDM bisa melakukan download dengan sistem pause and resume.

 

Untuk mempercepat download, IDM membagi satu file besar menjadi beberapa bagian kecil dan kemudian mendownload file yang sudah terbagi itu dalam satu waktu. Untuk melakukan hal ini, IDM membuka beberapa koneksi ke HTTP server. Jadi, bagian-bagian kecil file tersebut didownload dalam satu waktu. Setelah tiap bagian file selesai didownload, IDM kemudian menggabungkan file tersebut kembali seperti awal. Itulah yang membuat proses download menjadi lebih cepat. Coba bandingkan, lebih cepat mana mendownload satu file besar dibanding mendownload banyak file kecil sekaligus?

 

Lalu apa konsekuensi jika kita menggunakan IDM? Dengan kemampuan IDM yang akan membagi satu file menjadi beberapa bagian kecil, maka penggunaan bandwidth pun akan meningkat. Dampaknya, jika kita sambil membuka suatu website, prosesnya pun akan sedikit melambat. Jika kita menggunakan koneksi WiFi atau koneksi lain di tempat umum, maka orang-orang yang menggunakan satu koneksi dengan kita akan merasakan dampak dari melambatnya internet akibat banyaknya file yang kita download. Jadi, usahakan menggunakan IDM ketika koneksi internet sedang tidak digunakan oleh banyak orang.

       

One thought on “Bagaimana Cara Kerja IDM?

  1. Reply

    tutorial work

    saya pernah meresume file yg sy download, tp failed, itukesalah dr server atau http nya ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *