ITCFB | IT Center for the Blind
http://itcfb.org/cara-jitu-mengecek-keaslian-windows/
Export date: Wed Apr 25 5:01:19 2018 / +0000 GMT

Cara Jitu mengecek Keaslian Windows


Sobat IT, ketika sobat membeli PC atau laptop baru di sebuah toko, terkadang toko tersebut mengatakan bahwa sistem operasi yang terinstall di komputer tersebut adalah Windows asli (original). Namun, sobat jangan mudah percaya begitu saja dengan pernyataan tersebut, karena terkadang ada penjual “nakal” yang sengaja memanfaatkan ketidaktahuan sang pembeli demi meraup keuntungan lebih.

Nah, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ketika membeli PC atau laptop baru yang sudah terinstall Windows di dalamnya, kita bisa dengan mudah mengetahui apakah Windows yang terinstall tersebut benar-benar asli atau tidak. Untuk mengetahui apakah Windows yang terinstall benar-benar asli atau tidak, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

 

Catatan: Penulis mencoba trik ini di dua buah laptop. Laptop pertama adalah laptop penulis sendiri yang menggunakan Windows 10 Ultimate (yang sayangnya memang belum Windows original karena penulis belum mampu membelinya, hehehehe). Laptop kedua adalah laptop milik salah seorang teman penulis yang baru saja dia beli dan sudah terpasang Windows 10 Home Single Language (yang ternyata setelah dicek dengan trik ini ternyata benar-benar Windows original).

 

  1. Tekan Windows-r untuk membuka kotak dialog Run, kemudian ketik cmd dan tekan enter untuk membuka Command Prompt.

  2. Setelah jendela Command Prompt terbuka, ketikkan perintah berikut (tanpa tanda kutip): “slmgr /xpr”, kemudian tekan enter.

  3. Tunggu beberapa saat sampai muncul kotak dialog yang menginformasikan apakah Windows yang sobat gunakan benar-benar asli atau tidak. Di laptop penulis, setelah penulis mengetikkan perintah di atas, muncul tulisan “ Volume activation will expire 1/16/2018 8:52:23 AM”. Ini menunjukkan bahwa Windows yang penulis gunakan bukan Windows original. Di laptop teman penulis, setelah penulis mengetikkan perintah di atas, muncul tulisan “The machine permanently activated”. Ini menunjukkan bahwa Windows yang terpasang di laptop tersebut benar-benar Windows original.

  4. Klik OK untuk menutup kotak dialog tersebut, dan ketikkan perintah “exit” (tanpa tanda kutip) untuk menutup Command Prompt.


 

Sebenarnya, dengan cara di atas kita sudah bisa mengetahui apakah Windows yang terinstall asli atau tidak. Namun, ada beberapa perintah lain yang bisa kita gunakan untuk mengetahui informasi lebih detail dari lisensi Windows yang kita gunakan. Perintah-perintah tersebut adalah sebagai berikut.

  1. slmgr /xpr (seperti yang tadi kita praktikkan): Mengetahui apakah Windows sudah teraktivasi permanen atau ada waktu kadaluarsanya.

  2. slmgr /ato: mengetahui aktivasi Windows beserta key-nya.

  3. slmgr /dli: Mengetahui aktivasi Windows beserta partial product key-nya.

  4. slmgr /dlv: Mengetahui secara lengkap keseluruhan detail aktivasi Windows yang kita gunakan.


 

Sekian trik yang dapat penulis bagikan kali ini. Semoga bermanfaat.
Post date: 2017-07-20 09:52:21
Post date GMT: 2017-07-20 02:52:21

Post modified date: 2017-07-20 09:52:21
Post modified date GMT: 2017-07-20 02:52:21

Export date: Wed Apr 25 5:01:19 2018 / +0000 GMT
This page was exported from ITCFB | IT Center for the Blind [ http://itcfb.org ]
Export of Post and Page has been powered by [ Universal Post Manager ] plugin from www.ProfProjects.com