Cara Membuat NVDA Portable

Bagikan Artikel Ini

Sobat IT, NVDA (NonVisual Desktop Access) adalah sebuah screen reader gratis yang diproduksi oleh NV Access. Dengan bantuan NVDA, tunanetra dapat dengan mudah mengoperasikan komputer, mulai dari menggunakan program perkantoran seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft PowerPoint, bahkan internet, email, dan jejaring sosial. Sama halnya seperti screen reader lainnya, NVDA akan menginterpretasikan objek yang ada di layar menjadi output berupa audio.

 

Seperti yang dijelaskan di atas, salah satu kelebihan dari NVDA adalah dapat digunakan secara gratis. Pengguna tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk mendapatkan software NVDA. Pengguna hanya perlu mendownload NVDA dari halaman resminya di http://www.nvaccess.org. Selain gratis, NVDA juga merupakan software yang bersifat open source. Jadi para penggunanya dapat dengan leluasa mengembangkan NVDA sesuai dengan kebutuhan mereka. Biasanya hasil pengembangan atau penambahan fitur dari NVDA akan disimpan ke dalam sebuah file yang disebut Add-on (file tersebut memiliki ekstensi *.nvda-addon).

 

Kelebihan lain yang dimiliki NVDA (dan mungkin tidak dimiliki oleh screen reader berbayar sekali pun) adalah dapat dibuat dalam versi portable. Jadi para pengguna dapat menggunakan NVDA di mana pun mereka berada tanpa harus menginstall NVDA terlebih dahulu; mereka hanya perlu membuka NVDA yang telah mereka buat menjadi versi portable dan disimpan ke dalam media penyimpanan seperti Flashdisk atau MicroSD.

 

Lalu bagaimana cara membuat NVDA menjadi versi portable? Silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Pastikan sobat telah menginstall NVDA di komputer sobat.
  2. Tekan Windows-M atau Windows-D untuk menuju ke Desktop, kemudian tekan Alt-Ctrl-N untuk mengaktifkan NVDA.
  3. Tekan Insert-N (atau Capslock-N untuk pengguna Laptop) untuk membuka NVDA Menu.
  4. Tekan panah bawah sampai NVDA mengatakan Tools, tekan enter.
  5. Tekan panah bawah lagi sampai NVDA mengatakan Create Portable Copy, tekan enter.
  6. Setelah menekan enter, posisi pointer berada pada kolom Portable Directory. Di sini ketikkan lokasi folder yang nantinya akan digunakan untuk menyimpan NVDA Portable (atau untuk lebih mudahnya sobat bisa menekan tab sekali untuk menuju ke tombol Browse, kemudian pilih folder yang diinginkan, tekan enter).
  7. Kemudian tekan tab sampai NVDA mengatakan Copy Current User Configuration, tekan spasi untuk memberi tanda centang. Fungsi dari perintah ini adalah untuk mengikutsertakan semua konfigurasi yang telah kita buat (termasuk Addon yang terinstall) untuk dimasukkan ke dalam NVDA Portable yang kita buat.
  8. Setelah itu, tekan tab sampai NVDA mengatakan Continue, tekan enter. Maka NVDA akan melakukan proses pembuatan versi portable. Tunggu proses hingga selesai.

 

Selamat! Kini sobat telah memiliki NVDA versi portable. Sobat dapat menggunakan komputer di mana pun sobat berada tanpa perlu repot-repot menginstall screen reader. Mengenai ukurannya, besar file NVDA Portable tergantung pada banyaknya Addon tambahan yang sobat install; semakin banyak Addon yang sobat install, semakin besar ukuran file NVDA Portable yang dihasilkan.

       

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *