Gambaran Umum Menu Instalasi Sebuah Software

Bagikan Artikel Ini

Sobat IT, bagi sobat yang sering menggunakan komputer, mungkin sobat sudah tidak asing dengan pekerjaan menginstall software. Namun, hal yang sering terjadi adalah pengguna komputer hanya asal klik sana-sini ketika menginstall software tanpa memperhatikan tulisan dan opsi yang ditampilkan pada menu instalasi. Menginstall software tidak bisa dilakukan secara sembarangan karena bisa saja menyebabkan error pada komputer. Untuk itu, penulis akan menjelaskan gambaran umum menu instalasi sebuah software. Harap diingat, ini hanya gambaran umum. Tidak semua software mempunyai menu instalasi yang sama seperti yang penulis gambarkan. Artikel ini bertujuan agar sobat dapat menghindari kesalahan saat menginstall sebuah software.

 

Dalam menginstall sebuah software, biasanya kita akan dihadapkan dengan menu-menu seperti berikut.

 

  1. Kotak Dialog Selamat Datang

 

Ketika kita baru membuka setup/installer sebuah software, biasanya kita akan dihadapkan dengan kotak dialog Welcome (selamat datang). Kotak dialog ini biasanya berisi tulisan “Welcome to *** instalation wizard”. Jika kita menemukan kotak dialog seperti ini, langsung saja klik Next karena tidak ada opsi yang harus kita atur dalam kotak dialog Welcome (pada beberapa menu instalasi software tertentu, kita bisa memilih bahasa yang ingin kita gunakan selama instalasi di tampilan ini).

 

  1. Lisence Agreement

 

Selanjutnya kita akan dihadapkan dengan kotak dialog License Agreement. Menu inilah yang biasanya paling “menyebalkan” dalam menginstall sebuah software. Menu ini berisi teks panjang mengenai persetujuan lisensi yang berkaitan dengan penggunaan software, penyebarluasan software, larangan pembajakan, dan sebagainya. Sebenarnya kita tidak perlu membaca teks panjang tersebut. Yang harus kita lakukan adalah memberi tanda centang pada tulisan I Agree, I Accept, atau tulisan sejenis yang intinya memberikan persetujuan terhadap Lisence Agreement tersebut (ada juga tulisan I Agree yang berbentuk tombol dan tinggal di klik saja). Setelah itu, langsung saja klik Next (jika tulisan I Agree berbentuk tombol, kita tidak perlu klik Next).

 

  1. Menentukan Direktori Penginstalan

 

Menu selanjutnya yang akan kita hadapi adalah kotak dialog Destination Folder. Di sini kita bisa menentukan di direktori mana kita akan menginstall software tersebut. Umumnya, sebuah software akan terinstall pada direktori C:\Program Files. Tetapi kita juga bisa menentukan sendiri direktori yang kita inginkan dengan mengklik tombol Browse. Setelah menentukan direktori penginstalan, kita bisa langsung klik tombol Next.

 

  1. Kotak Dialog Penempatan Shortcut

 

Setelah menentukan direktori, biasanya kita akan memilih penempatan shortcut dari software yang kita install. Biasanya akan terdapat beberapa pilihan, misalnya Add Shortcut to My Desktop (menambahkan shortcut ke Desktop), Add Shortcut to My Quicklaunch (menambahkan shortcut ke Quicklaunch), dan sebagainya. Beri tanda centang pada opsi yang diinginkan. Setelah itu kita bisa langsung klik Next.

 

  1. Install Komponen Tambahan

 

Menu selanjutnya adalah kotak dialog yang berisi komponen-komponen tambahan yang bisa kita install, misalnya Toolbar, Search Engine, dan sebagainya. Menu inilah yang biasanya sering diabaikan ketika kita menginstall sebuah software. Misalnya, Search Engine default browser kita adalah Google, tetapi setelah menginstall sebuah software, Search engine default menjadi berubah. Hal ini disebabkan karena ada komponen tertentu dari sebuah software yang mengubah Search Engine kita menjadi Search Engine tertentu (biasanya bertujuan untuk promosi). Untuk menghindari hal tersebut, hilangkan tanda centang pada komponen yang tidak kita butuhkan atau mungkin akan membuat kita bingung. Setelah mengatur opsi instalasi komponen tambahan, kita bisa langsung klik Next untuk menuju ke menu berikutnya.

 

  1. Software Siap Diinstall

 

Selanjutnya, akan muncul kotak dialog yang memberitahukan bahwa software siap diinstall. Jika kita sudah benar-benar yakin dengan pengaturan yang telah kita lakukan sebelumnya, langsung saja klik Install. Tetapi jika ada setting yang ingin kita ubah, kita bisa klik tombol Back untuk kembali ke menu-menu sebelumnya. Setelah mengklik tombol Install, maka proses instalasi akan berjalan. Tunggu sampai proses instalasi selesai.

 

  1. Kotak Dialog Penyelesaian

 

Setelah proses instalasi selesai, akan muncul kotak dialog yang memberitahukan bahwa instalasi sudah selesai. Biasanya akan ada pilihan “Launch the Program”. Jika kita memberi tanda centang pada opsi ini, setelah mengklik tombol Finish, software akan langsung terbuka. Tergantung selera kita apakah ingin langsung menjalankan software tersebut atau tidak. Setelah mengatur opsi tersebut, langsung saja klik tombol Finish.

 

Demikian tips yang dapat penulis berikan. Semoga artikel di atas dapat membantu sobat dalam menginstall software agar tidak terjadi kesalahan.

       

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *