Review Aplikasi Resmi Kamus Besar Bahasa Indonesia

Bagikan Artikel Ini

Sobat IT, sebagai warga Indonesia yang baik, kita harus terus melestarikan bahasa Indonesia yang merupakan bahasa ibu dari bangsa Indonesia. Salah satu cara melestarikan Bahasa Indonesia adalah dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam setiap sendi kehidupan kita. Untuk mempelajari Bahasa Indonesia yang baik dan benar, salah satu sarana yang dapat kita gunakan adalah kamus.

 

Kamus Bahasa Indonesia terlengkap sampai saat ini adalah Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang diterbitkan olehBadan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Dahulu KBBI hanya tersedia dalam bentuk cetak. Kemudian, dalam perkembangannya Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia merilis KBBI edisi online (dalam jaringan/daring) yang bisa diakses di alamat http://kbbi.kemdikbud.go.id. Seiring perkembangan zaman, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia kemudian merilis aplikasi KBBI untuk Android dan iOS.

 

Sebenarnya, sebelum adanya aplikasi resmi KBBI versi Android dan iOS, sudah banyak developer yang mengembangkan aplikasi KBBI berdasarkan database yang ada di website resmi KBBI. Namun, biasanya aplikasi-aplikasi tersebut banyak menampilkan iklan yang cukup mengganggu bagi pengguna.

 

Aplikasi KBBI buatan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia ini mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi V yang baru saja diluncurkan akhir bulan Oktober 2016. Fitur-fitur yang disediakan aplikasi KBBI ini pun cukup lengkap, mulai dari pencarian kata, frasa, dan ungkapan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi V. Selain itu, kita juga bisa mencari kata berdasarkan kategori. Satu kelebihan yang mencolok dari aplikasi KBBI ini adalah tidak adanya iklan yang mengganggu.

 

Bagi pengguna tunanetra yang menggunakan screen reader Talkback di Android, aplikasi ini sangat aksesibel bila disandingkan dengan Talkback. Semua menu yang ada dapat dibacakan dengan baik. Untuk versi iOS dengan screen reader VoiceOver, penulis belum sempat mencobanya. Namun, penulis yakin aplikasi KBBI ini juga dapat diakses dengan baik oleh pengguna tunanetra yang menggunakan iOS.

 

Bagi sobat yang ingin mencoba aplikasi resmi KBBI ini, silahkan sobat klik salah satu link berikut ini.

 

       

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *