Trik Membuka Banyak Software dengan Sekali Klik

Bagikan Artikel Ini

Sobat IT, ketika sobat bekerja dengan komputer secara rutin, mungkin ada beberapa aplikasi yang sudah pasti digunakan saat sobat berhadapan dengan komputer. Membuka satu per satu aplikasi tersebut setiap kali berhadapan dengan komputer tentu saja akan menghasilkan kejenuhan tersendiri.

 

Dalam tulisan kali ini, penulis akan menjelaskan bagaimana cara membuka banyak software hanya dengan sekali klik saja. Artinya, setelah sobat mengklik sebuah icon, maka semua software yang sobat butuhkan akan terbuka.

 

Untuk melakukan hal tersebut, ada beberapa langkah yang harus dilakukan.

 

  1. Mencari Lokasi Setiap Software

 

Untuk mencari lokasi suatu software, caranya klik kanan (bagi pengguna screen reader, tekan tombol aplikasi) pada icon software yang bersangkutan (bisa di Desktop atau pun di Start Menu), kemudian cari Properties. Setelah kotak dialog Properties terbuka, copy bagian Target, kemudian buka Notepad dan beri perintah paste. Lakukan langkah ini pada setiap software yang ingin dibuka dengan sekali klik.

 

Contoh:

“C:\Program Files\Mozilla Firefox\firefox.exe”

“C:\Program Files\Winamp\winamp.exe”

“C:\Program Files\Freedom Scientific\JAWS\16.0\jfw.exe”

dan seterusnya

 

  1. Membuat Batch File

 

Inilah langkah yang paling penting. Untuk dapat membuka banyak software sekaligus, kita harus membuat batch file. Kembali ke Notepad yang sudah berisi daftar lokasi software yang sobat butuhkan. Edit file tersebut sehingga hasilnya seperti contoh berikut.

 

Contoh:

@echo off

Cd “C:\Program Files\Mozilla Firefox”

Start firefox.exe

Cd “C:\Program Files\Winamp”

Start winamp.exe

Cd “C:\Program Files\Freedom Scientific\JAWS\16.0″

Start jfw.exe

Exit

 

Bagi yang belum mengerti dengan contoh di atas, penulis akan menjelaskan step-by-step.

  • Pada baris pertama (sebelum daftar lokasi software), ketikkan @echo off.
  • Pada contoh di atas, lokasi software pertama adalah “C:\Program Files\Mozilla Firefox”. Ketikkan cd di awal baris tersebut, kemudian beri perintah cut (ctrl-x) pada kata setelah tanda \ (backslash) yang terakhir. Pada kasus di atas, kata yang harus di cut adalah firefox.exe. Tanda kutip (“) jangan di cut.
  • Kemudian di baris bawahnya, ketikkan Start dan paste kata yang tadi sudah di cut, sehingga hasilnya menjadi Start firefox.exe.
  • Lakukan langkah tersebut berulang-ulang sampai mendapatkan hasil seperti contoh di atas atau sesuai dengan kebutuhan.
  • Di baris terakhir, ketik Exit.

 

  1. Menyimpan Batch File dan membuat Shortcut di Desktop

 

Setelah melakukan langkah di atas, simpan file yang tadi sobat buat dengan ekstensi *.bat. Sebagai contoh, simpan file tersebut di drive D dengan nama buka banyak aplikasi.bat. Jangan lupa, ketika menyimpan file di Notepad, ubah Save As Type menjadi All Files.

 

Untuk menampilkan file *.bat tersebut di Desktop, buka Windows Explorer dan cari file *.bat yang tadi sobat simpan. Klik kanan (bagi pengguna screen reader, tekan aplikasi) pada file tersebut, pilih Send To, kemudian pilih Desktop (Create Shortcut).

 

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, coba buka file *.bat yang tadi sobat buat. Maka aplikasi-aplikasi yang tadi sobat masukkan ke file *.bat akan berjalan seiring dengan dibukanya file *.bat tersebut.

       

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *